Cara Memasang CCTV

5 Cara Memasang CCTV Sendiri di Rumah

Cara Memasang CCTV – Saat ini, CCTV telah menjadi alat penting untuk meningkatkan keamanan rumah. Selain harganya yang tidak murah, proses pemasangannya terkenal cukup rumit.

Sehingga tidak jarang seseorang mendatangkan teknisi atau tenaga ahli, seperti yang banyak ditawarkan berbagai toko online seperti penawaran berbagai paket cctv bergaransi.

Tapi tahukah Anda bahwa cara memasang CCTV itu mudah? Yuk simak pembahasan cara mudah pasang CCTV sendiri di rumah tanpa bantuan teknisi.

Tips Cara Memasang CCTV di Rumah

Sebelum memasang CCTV di rumah, Anda perlu mempersiapkan dan merencanakan beberapa hal. Tanpa perencanaan yang baik, pemasangan CCTV dapat mengakibatkan cakupan yang buruk, penyimpanan yang tidak optimal, dan kontrol yang tidak memadai.

Yuk simak tips cara memasang CCTV di rumah Anda dengan benar.

1. Ketahui jenis CCTV rumah yang akan Anda pasang

Proses pemasangan CCTV bervariasi karena perlu disesuaikan dengan jenis kamera keamanan itu sendiri.

Ada dua jenis CCTV, kabel dan nirkabel. Jadi mana yang harus Anda pilih?

Ini semua tergantung pada kebutuhan keamanan rumah Anda. Sebagai saran, kami merekomendasikan untuk membeli kamera CCTV yang nirkabel dengan koneksi WiFi dan bertenaga baterai untuk fleksibilitas dan pemasangan yang lebih mudah. Untuk spesifikasinya, gunakan kamera IP PoE berkabel agar sinyal jaringan lebih stabil.

2. Tempat memasang kamera CCTV di dalam dan di luar rumah

Mengetahui di mana menempatkan kamera CCTV rumah Anda sangat penting. Tukuammua untuk memaksimalkan efektivitas kamera Anda.

Pintu depan, pintu belakang, dan jendela yang tidak menghalangi adalah lokasi dan posisi terbaik yang direkomendasikan oleh profesional keamanan.

3. Siapkan alat instalasi CCTV untuk kelancaran instalasi

Secara umum alat yang dibutuhkan untuk pemasangan CCTV antara lain sekrup, jangkar, kabel, adaptor atau penerima daya, bor listrik dan lain-lain.

Ketika Anda mendapatkan kamera (sistem) CCTV all-in-one, perangkat keras pemasangan yang Anda butuhkan adalah jenis sekrup yang biasanya disertakan dalam kotak CCTV saat Anda membelinya.

Cara Memasang CCTV Sendiri di Rumah

Memasang CCTV di rumah tidak serumit yang Anda bayangkan. 5 langkah sederhana berikut ini akan membuat pemasangan kamera CCTV berkabel dan WiFi di rumah menjadi murah dan mudah.

Langkah 1 Cek lokasi pemasangan CCTV

Ini adalah langkah penting dalam pemasangan sendiri kamera keamanan rumah. Perhatikan detail berikut saat memilih area tempat Anda ingin memasang CCTV:

  • Sebaiknya pasang kamera CCTV agak tinggi untuk memastikan tampilan yang jelas dan lebar.
  • Tempatkan kamera CCTV di tempat yang tidak dapat diakses oleh orang lain atau anak-anak.
  • Hindari mengarahkan kamera Anda langsung ke sumber cahaya.
  • Tempatkan kamera di dekat sumber listrik. Bahkan CCTV nirkabel membutuhkan catu daya.
  • Lindungi kamera CCTV luar ruangan dari hujan atau panas. Sebaiknya pasang di tempat yang sejuk namun dengan area yang luas dan jernih.
  • Kami tidak menyarankan untuk memasang kamera pengintai di bagian bawah karena dapat menyebabkan gambar dan video menjadi terlalu terang.
  • Hindari memasang kamera keamanan CCTV yang menutupi rumah tetangga Anda, kamar mandi atau tempat lain di mana privasi terpengaruh.

Langkah 2: Pasang kamera CCTV di dinding

Bor lubang di dinding, langit-langit dan tempat lain yang Anda tentukan untuk memasang kamera keamanan ini. Kemudian arahkan kamera ke posisi dan sudut yang benar.

CCTV rumah yang bagus biasanya dilengkapi dengan paket kamera Reolink PoE lengkap dengan braket pemasangan dan sekrup. Gunakan template lubang pemasangan dinding atau langit-langit ini untuk mempermudah pemasangan CCTV Anda.

Langkah 3: Kelola kabel dan perangkat lain dengan benar

Bagian tersulit dari memasang CCTV di rumah adalah mengelola kabel.

Karena itu, sebelum memulai, Anda perlu merencanakan di mana kabel ini akan ditempatkan dan dipasang, agar tidak merusak desain rumah dan tidak melakukan hal ini.

Berikut adalah beberapa tips praktis cara memasang CCTV:

  • Buat lubang di dinding dengan bahan anti air seperti silikon dan duct caulk.
  • Pasang penutup luar kedap air untuk mencegah air masuk ke lubang kabel.
  • Gunakan kotak sambungan untuk menyembunyikan kabel dan sambungan.

Langkah 4: Hubungkan CCTV dan nyalakan

Setelah proses pengkabelan, langkah selanjutnya adalah menghubungkan sistem CCTV rumah Anda dan melihat apakah ia menerima daya.

Jangan lupa bahwa perekam layar dan monitor membutuhkan catu daya yang baik. Anda juga dapat membuat stopkontak khusus atau menghubungkannya ke sumber daya yang sama dengan kamera.

Langkah 5: Siapkan kamera CCTV yang terpasang

Menyiapkan kamera CCTV adalah langkah terakhir dalam proses instalasi. CCTV sekarang dapat diakses dan dilihat di smartphone, komputer, dan tablet.

Beberapa produsen kamera CCTV rumah menawarkan aplikasi atau perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk mengakses kamera CCTV di mana saja.

Satu hal lagi, pemasangan CCTV rumah Anda sudah selesai, disarankan untuk memeriksa tampilan setiap kamera. Periksa apakah kamera bergerak atau merekam. Periksa juga seberapa jauh kamera dapat mencakup area rumah Anda.

Baca Juga: Cara Download Lagu di Browser dengan Mudah