Cara Melamar Pekerjaan dengan Email

5 Cara Melamar Pekerjaan dengan Email Yang Benar

Cara Melamar Pekerjaan dengan Email – Ada etika yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan. Masih banyak pelamar yang belum begitu memahami bagaimana cara melamar pekerjaan yang sesuai dan beretika melalui email. Cara pengajuan lamaran melalui email juga menjadi pertimbangan tim rekrutmen perusahaan.

Cara Melamar Pekerjaan dengan Email

Sebagus apa pun lamaran kerja Anda, jika metode pengirimannya bermasalah, email Anda mungkin akan diabaikan. Untuk mencegah masalah tersebut, prosedur pengiriman lamaran kerja melalui email berikut dapat digunakan sebagai panduan.

1. Gunakan Alamat Email Dengan Nama Profesional

Ini adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Anda ingin melamar sebagai spesialis, tentu ingin tampil profesional. Namun, jika alamat email yang Anda gunakan terlihat konyol, bagaimana perusahaan bisa mempercayai bahwa Anda seorang profesional?

Jika nama alamat email Anda masih terlihat tidak serius, lebih baik Anda membuat alamat email baru dengan nama yang lebih profesional.

Contoh alamat email profesional adalah:

  •       stiven.alexsan@gmail.com
  •       stiven_alexsan29@gmail.com
  •       stivenalexsan.writer@gmail.com

2. Siapkan File yang Dibutuhkan

Setelah mendapat informasi tentang lowongan, segera siapkan semua berkas yang diperlukan. Berikut yang biasanya ditanyakan: CV, Ijazah, Portofolio, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Pencari Kerja, SKCK, dll.

Setelah semua berkas terkumpul, Anda harus memenuhi sejumlah syarat tidak tertulis saat melampirkan berkas lamaran ke email. Berikut syarat-syaratnya.

  •       Pindai File, Perhatikan Ukuran File

Anda harus terlebih dahulu memindai semua file sehingga ada file digital. Pastikan format file yang dipindai adalah PDF.

Biasanya dokumen yang dipindai berukuran besar, Anda dapat mengompres ukuran file agar ukuran file lamaran kerja nantinya tidak terlalu besar.

Cobalah, seluruh file lamaran kerja tidak lebih besar dari 1 MB. Jika ada banyak file yang dilampirkan, batas toleransi maksimum adalah 2 MB.

  •       File Terlampir Dalam 1 File PDF

Jika tidak ada spesifikasi format pengiriman lamaran kerja, lebih baik menggunakan 1 file PDF saja.

Setelah semua file dipindai, gunakan lamaran kerja untuk menggabungkannya menjadi satu file PDF.

Hindari melampirkan file lamaran kerja dalam format .zip atau .rar. Kecuali jika disediakan oleh perusahaan.

  •       Penamaan File Harus Profesional

Jangan gunakan file terlampir dengan nama acak. Gunakan penamaan yang profesional dan jelas.

Contoh: Surat Lamaran Stiven

3. Jangan Lupa untuk Memasukkan Subjek Email

Saat melamar pekerjaan online melalui email, perhatian harus diberikan pada konten subjek. Ini adalah etika yang sering diabaikan. Faktanya, sangat penting bagi tim rekrutmen untuk mengetahui jenis email apa yang mereka terima.

Subjek seperti pengenal untuk email. Dengan menuliskan subjek email yang terkait dengan lamaran kerja, tim rekrutmen dapat mengidentifikasi dan melihatnya secara langsung.

Jika tidak ada subjek, email tersebut biasanya dianggap spam atau dilewati begitu saja. Jika perusahaan telah menetapkan subjek email untuk pengiriman surat lamaran, ikuti saja ketentuannya.

Jika tidak ditentukan oleh perusahaan, Anda dapat menggunakan format nama sebagai berikut: Application_ Stiven Alexsan _Copywriter (Application_Name_Position).

4. Tulis Pengantar di Badan Email

Selain subjek email, Anda juga harus mengisi badan email. Anda dapat mengisi badan email dengan surat lamaran kerja. Surat pengantar adalah surat pengantar saat mengirim file lamaran kerja.

Surat pengantar harus ditulis dalam bahasa formal. Setelah badan email diisi dengan surat lamaran, periksa kembali lampiran berkas lamaran. Jika itu semua sudah terpenuhi Anda dapat mengirimkannya.

5. Email Selama Jam Kerja

Mengirim email lamaran kerja juga memiliki etika. Anda dapat mengirimkannya kapan saja. Tapi ada etika yang harus Anda ikuti.

Saat mengirim email, sebaiknya selama jam kerja. Antara pukul 08.00 – 17.00. Ketika Anda telah menyiapkan semua file disaat malam sebelumnya, simpan email terlebih dahulu dalam konsep. Anda dapat mengirimkannya pada hari berikutnya.

Sebagian orang berpendapat bahwa ada waktu yang efektif untuk mengirim lamaran kerja email yaitu antara pukul 10:00 hingga 11:00 WIB atau antara pukul 14:00 hingga 15:00 WIB.

Resume bisa efektif jika Anda mengirimkannya secara etis dan kontennya benar-benar menarik. Anda dapat meyakinkan perusahaan dengan pengalaman kerja, prestasi kerja, keterampilan dan tingkat pendidikan.

Jika Anda seorang lulusan baru, di samping tingkat pendidikan Anda, Anda harus dapat menggunakan keterampilan sebagai senjata pamungkas untuk menarik HRD.

Setiap orang harus bekerja keras untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka harapkan. Jangan sampai ini menjadi masalah karena Anda tidak terikat oleh etika saat mengajukan lamaran kerja. Semoga gambaran tentang cara melamar pekerjaan dengan email ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.